Latest News

Kopi Toraja, Cita Rasa Kopi Dari Pulau Sulawesi

Kopi Toraja, Cita Rasa Kopi Dari Pulau Sulawesi
Toraja Arabica Coffee. (Ilustrasi Google)
Sebungkus kopi Toraja hadir ketika salah orang sahabat bepergian ke Sulawesi. Karena penasaran dengan cita rasa kopi Toraja akhirnya saya mencoba menyeduhnya. Tidak ada yang istimewa dari kopi Toraja yang bubuk kopinya hanya dibungkus dengan kantong plastik tipis dan dilabeli merk nama seseorang. 

Kurang tahu apakah kopi bubuk Toraja ini merupakan kopi yang terkenal di daerah sana atau hanya kopi Toraja biasa yang dibeli di tepi jalan.

Kopi Toraja (Kalosi) atau ada yang menyebutnya dengan nama Kopi Celebes Kalosi merupakan salah satu kopi dari Pulau Sulawesi yang cukup terkenal di nusantara dan hingga ke penjuru luar negeri.

Kopi Toraja, Cita Rasa Kopi Dari Pulau Sulawesi
Kopi Asli Toraja. Foto: Teamtouring[.]net
Dilihat dari bubuk kopinya berwarna hitam biasa dan bukan hitam pekat. Tekstur bubuk kopi cukup halus dan sepertinya telah melewati proses pengolahan yang modern. Begitu saya menyeduh kopi Toraja dengan air panas, tercium aroma kopi Toraja yang harum dan tidak berbau keras. 

Bau aroma kopi ini cukup menggoda dan sejauh informasi yang saya ketahui begitulah salah satu ciri khas kopi Toraja. Bubuk kopi Toraja yang tercampur dengan air panas langsung larut dan mengendap di dasar cangkir, tidak seperti Kopi Tulungagung yang sebagian mengendap di permukaan.

Ketika mencoba mencicipi pertama kali, rasa yang ditimbulkan cukup khas dan tidak cukup pahit untuk ukuran kopi lokal. Rasa kopi ini cukup ringan, tidak berasa asam karena kandungan asamnya cukup rendah, dan tidak berasa pekat di mulut atau tenggorokan. Saya menduga kopi Toraja merupakan kopi jenis Arabica yang berkarakteristik lebih ringan dibandingkan dengan kopi Robusta yang keras.

Bila kita merasakan kopi Toraja lebih dalam lagi terlebih bila menikmatinya tanpa menggunakan gula atau pemanis, kita akan merasakan rasa gurih yang jarang ditemukan dalam kopi-kopi lokal di daerah lain. Rasa gurih ini merupakan salah satu ciri khas utama kopi Toraja yang membuat orang ketagihan menikmati kopi ini. 

Kopi Toraja, Cita Rasa Kopi Dari Pulau Sulawesi
Secangkir Kopi Asli Toraja. Foto: Teamtouring[.]net
Ada yang bilang kopi Toraja mirip dengan kopi Sumatera, namun kurang jelas nama spesifik daerahnya karena di Sumatera sendiri terdapat beragam jenis kopi yang memiliki karakteristik rasa tersendiri.

Aroma wangi yang unik dan rasa gurih yang khas memang menjadi daya tarik kopi Toraja bagi sebagian penyuka kopi nusantara. Rasa kopi yang tidak cukup pahit dan rendah asam ini menjadi pilihan bagi orang-orang yang perutnya tidak toleransi dengan rasa asam yang tinggi. 

Namun bagi orang-orang yang menyukai kopi yang keras dan kental, menikmati kopi Toraja berasa kurang mantap dan puas. Namun bagi saya, menikmati kopi Toraja merupakan keasyikan tersendiri saat bersantai sambil membaca buku.






No comments:

Post a Comment

Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.